Menu
Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Kualitas Tetap OK, Begini Cara Terbaik Kompres Video di Laptop

  • Bagikan

Logo Gambar

Salah satu problem yang sering dialami kalangan pengguna smartphone maupun laptop adalah berkurangnya sisa memori penyimpanan. Hal ini sering dan pasti terjadi karena banyanya file yang disimpan oleh si pengguna itu sendiri. Banyak cara untuk mengatasi permasalahan ini salah satunya ialah dengan menghapus beberapa sampah atau file yang tidak berguna sampai dengan mengekspan memori penyimpanan dengan membeli memori baru dengan ukuran yang lebih besar tentunya. Sejujurnya pada saat ini terdapat sebuah opsi baru yang dinamakan Cloud atau penyimpanan file di awan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file-file mereka tanpa harus menggunakan memori penyimpanan di Smartphone, namun cara ini sendiri jarang digunakan karena tidak banyak yang mengetahui manfaat dan cara menggunakannya. Meskipun begitu, opsi ini sangatlah berguna bagi mereka yang mempunyai dan ingin menyimpan banyak file tanpa harus membeli memori penyimpanan baru.

Selain solusi diatas yang sudah Gremenmania jelaskan, ada salah satu cara yang dapat Sobat gunakan untuk membuat memori penyimpanan Sobat sedikit lebih lega yaitu dengan mengkompres atau mengecilkan ukuran file. Tepat seperti judul artikel di atas, kali ini Gremenmania akan memberikan tips cara mengkompres atau mengecilkan ukuran file video namun tetap menjaga kualitas gambar. Tentunya dengan menggunakan cara ini dapat membuat memori penyimpanan Sobat sedikit lega karena file yang tadinya berukuran besar dijadikan kecil. Sobat mau tau caranya, simak tutorialnya berikut.
1. Pertama, Sobat download dan instal software HandBrake. Sobat bisa download softwarenya DISINI. Setelah Sobat download, Sobat tinggal instal softwarenya. Berikut cara instal software HandBrake.
1. Buka file Handbrake yang telah Sobat download tadi.
2. Jika muncul Tab User Account Control, Sobat klik Yes.
3. Klik Next untuk melanjutkan.
Klik Next untuk melanjutkan.
4. Kemudian akan muncul Tab License Agreement, Sobat klik Next saja untuk melanjutkan.
 Kemudian akan muncul Tab License Agreement, Sobat klik Next saja untuk melanjutkan.

5. Sobat pilih tempat penyimpanan foldernya terlebih dahulu, jika sudah klik Instal.

Sobat pilih tempat penyimpanan foldernya terlebih dahulu, jika sudah klik Instal.
6. Sobat tinggal tunggu proses penginstalan hingga selesai.
Sobat tinggal tunggu proses penginstalan hingga selesai.
7. Jika sudah klik Finish.
 Jika sudah klik Finish.
2. Oke lanjut cara penggunaanya, Sobat buka software Handbrake yang telah Sobat instal tadi.
3. Klik File (Open a single video file) untuk memilih video yang akan dikompres.
 Klik File (Open a single video file) untuk memilih video yang akan dikompres.
4. Pilih video yang ingin Sobat kompres, jka sudah klik Open.
Pilih video yang ingin Sobat kompres, jka sudah klik Open.
5. Terdapat banyak pilihan pengaturan sebelum video dikompres yang dapat Sobat sesuaikan sesuai keinginan Sobat mulai dari format video, Dimensi, Audio dan lain –lain. Namun jika Sobat tidak perlu repot-repot Sobat bisa klik Presets , kemudian klik General lalu pilih kualitas videonya. (Contoh Very fast 720p30). Sobat juga bisa menyesuaikan kualitas video jika ingin Sobat gunakan di web dengan memilih Web dan lain-lainnya.
Terdapat banyak pilihan pengaturan sebelum video dikompres yang dapat Sobat atau sesuai keinginan Sobat mulai dari format video, Dimensi, Audio dan lain –lain. Namun jika Sobat tidak perlu repot-repot Sobat bisa klik Presets , kemudian klik General lalu pilih kualitas videonya. (Contoh Very fast 720p30). Sobat juga bisa menyesuaikan kualitas video jika ingin Sobat gunakan di web dengan memilih Web dan lain-lainnya.
6. Jika Sobat sudah memilih kualitas video, Sobat kemudian simpan settingannya dengan mengklik Save New Preset.
Jika Sobat sudah memilih kualitas video, Sobat kemudian simpan settingannya dengan mengklik Save New Preset.
7. Isi nama dan deskripsinya saja, jika sudah klik Add.
Isi nama dan deskripsinya saja, jika sudah klik Add.
8. Kemudian jangan lupa Sobat pilih tempat penyimpanan video yang akan dikompres dengan mengklik Browse pada opsi Save As.
Kemudian jangan lupa Sobat beri nama dan pilih tempat penyimpanan video setelah dikompres dengan mengklik Browse pada opsi Save As.
9. Beri nama, jika sudah klik Save.
Beri nama, jika sudah klik Save.
10. Jika semua settingan sudah dirasa benar, Sobat bisa klik Start Encode untuk memulai pengkompresan video.
Jika semua settingan sudah dirasa benar dan selesai, Sobat bisa klik Start Encode untuk memulai pengkompresan video.
11. Tunggu proses pengkompresan hingga selesai. Jika proses mengkompres video sudah selesai, Sobat bisa buka filenya di tempat penyimpanan yang telah Sobat pilih tadi.
Tunggu proses pengkompresan hingga selesai. Jika proses mengkompres video sudah selesai, Sobat bisa buka filenya di tempat penyimpanan yang telah Sobat pilih tadi.
Begitu mudah dan cepat ya Sob proses untuk mengkompres file video. Dengan menggunakan cara di atas setidaknya Sobat bisa menghemat dan membuat ruang penyimpanan memori Sobat lebih lega dan mungkin juga dapat sebagai alternatif lain jika Sobat belum mampu untuk membeli memori baru. Selamat mencoba Sob.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.