Cara Mengatasi Masalah File Duplikat di HP

Posted on

File Duplikat merupakan file yang telah digandakan atau diperbanyak secara sengaja atau tidak sengaja oleh si pemilik. Dalam hal ini maksud dari sengaja ialah si pemilik melakukan tindakan mengcopy sebuah file, sedangkan maksud dari tidak sengaja ialah file terduplikat dengan sendirinnya yang dikarenakan terkena virus atau hal lain tanpa sepengetahuan si pemilik. Sebenarnya mudah Sob mengatasi file yang terduplikat , yaitu cukup dengan menghapus salah satu filenya. Namun perlu diketahui dalam kasus lain sistem HP terjadi eror atau crash yang mengakibatkan penampilan informasi menjadi ngawur. Maksudnya ialah saat Sobat membuka koleksi file Sobat terdapat file ganda yang sama namun saat dicek di file manager teryata file tidak terduplikat (masih satu). Pada kasus inilah yang pernah saya alami dan pada kesempatan kali ini permasalahan ini juga yang akan kita bahas.
Sebelumnya, perlu diketahui penyebab dari kasus ini yang saya alami sendiri ialah saya lupa mencopot HP yang masih tersambung di laptop tanpa menggunakan perintah eject. Mungkin hal ini yang menyebabkan HP atau mungkin juga memory menjadi eror karena ibaratnya dipakai dalam kondisi tidak siap. Namun tidak menutup kemungkinan juga faktor lain bisa menjadi penyebabnya. Mungkin cukup dulu, mari langsung ke solusinnya.
#Hapus Data dan Cache Aplikasi.

Cara pertama Sobat hapus dulu data dan cache aplikasinya. Maksudnya ialah aplikasi yang menampilkan file Sobat seperti musik, galery , video dan lainnya. Carannya dengan masuk ke Pengaturan Aplikasi . Pilih Aplikasinya, lalu klik Hapus Data & Cache. Setelah itu Sobat coba buka Aplikasinnya

Belum berhasil ? lanjut cara kedua.
#Restart HP.

Jika cara pertama tidak berhasil maka Sobat perlu menyalakan ulang Hp Sobat. Cara ini cukup berhasil untuk mengatasi HP yang eror dan crash. Namun jika masih belum berhasil , Sobat lanjut ke cara ketiga. 

Pada cara kali ini Sobat perlu menggunakan Laptop/PC.
#Cek Eror Pada Memory.

Pertama, Sobat sambungkan HP Sobat ke Laptop/PC. Setelah tersambung klik kanan pada Memory Sobat kemudian klik Properties. Klik Opsi Tools lalu pada kolom Eror-Checking, klik Check Now. Pilih Automatically Fix File System Erors lalu klik Start. Tunggu proses hingga selesai. Jika sudah Cabut HP dengan cara klik kanan pada Memory Sobat, lalu klik Eject. Sobat tinggal cek.

Jika masih juga belum berhasil, lanjut cara terakhir.

#Lakukan Format Factory.

Ini mungkin cara terakhir yang bisa Sobat lakukan, yaitu dengan mereset pabrik HP Sobat. Karena dengan mereset semua data dan pengaturan maka sistem akan kembali seperti baru. Namun perlu diingat sebelum Sobat memformat HP , Sobat perlu melakukan beberapa hal penting terlebih dahulu. Apa sajakah itu, untuk lebih jelasnya Sobat klik artikel dibawah ini. 

Mungkin cukup sekian solusi dari Gremenmania untuk mengatasi masalah file duplikat di HP. Semoga dengan cara diatas masalah file duplikat Sobat bisa Teratasi. Terimakasih sudah membaca.

1044 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *