Menu
Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Cara Hapus File Secara Permanen Tanpa Masuk ke Recycle Bin

  • Bagikan
Logo facebook gremenmania

Salah satu cara untuk melegakan memori ialah dengan menghapus beberapa file. Seperti biasa bila kita menghapus file di laptop atau komputer, selalu muncul dialog box bertuliskan “ Are you sure to move this file to Recycle Bin ?” saat kita klik delete. Hal ini bermaksud bahwa file yang akan kita hapus tidak akan langsung hilang selamanya namun tersimpan dulu di folder Recycle Bin. File yang tersimpan di Recycle Bin sendiri juga dapat dikembalikan dengan utuh. Hal ini tentu bermanfaat, namun terkadang hal ini juga membuat jengkel bagi beberapa pengguna yang ingin menghapus file secara permanen karena harus bekerja 2 kali. Jadi setelah kita menghapus file di folder, kita harus menghapus lagi di folder Recycle Bin agar file tersebut hilang sepenuhnya. Daripada Sobat harus repot-repot melakukan hal tersebut, Sobat bisa coba beberapa cara berikut untuk mengahapus file secara permanen dengan mudah.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Download Video di Facebook Terbaru

CARA 1

Ini merupakan cara termudah Sob untuk menghapus file secara permanen yaitu Sobat hanya perlu memilih file mana yang akan dihapus kemudian klik tombol Shift + Delete secara bersamaan.

Ini merupakan cara termudah Sob untuk menghapus file secara permanen yaitu Sobat hanya perlu memilih file mana yang akan dihapus kemudian klik tombol Shift + Delete secara bersamaan.

CARA 2

Cara kedua yaitu dengan menyetting pengaturan Recycle Bin. Caranya sebagai berikut.

1. Pertama, Sobat klik kanan pada Recycle Bin di Destop. Kemudian pilih Properties.

Pertama, Sobat klik kanan pada Reclycle Bin di Destop. Kemudian pilih Properties.

2. Klik Don’t move file to Recycle Bin. Remove file immediately when deleted. Pastikan juga Sobat pilih tempat penyimpanan mana pengaturan akan diterapkan. (Contoh Local Disk)

Klik Don’t move file to Reclycle Bin. Remove file immediately when deleted. Dan pastikan Sobat pilih tempat penyimpanan mana pengaturan akan diterapkan.

3. Jika sudah, Sobat klik Apply lalu Ok.

Jika sudah, Sobat klik Apply lalu Ok.

Baca Juga : Cara Atasi Masalah Not Responding Saat Menjalankan Program

CARA 3

Cara ketiga yaitu menggunakan program Local Group Policy Editor. Caranya sebagai berikut.

1. Pertama Sobat klik logo Windows di pojok kiri bawah. Kemudian cari dan buka program Run. Atau dengan cara cepat klik logo Windows di keyboard + R.

2. Ketikkan gpedit.msc. Kemudian klik Ok atau Enter.

Ketikkan gpedit.msc. Kemudian klik Ok atau Enter.

3. Jika dialog box Local Group Policy Editor sudah terbuka, Sobat kemudian klik User Configuration ->  Administrative Templates ->  Windows Components ->  Windows Explorer.

Jika dialog box Local Group Policy Editor sudah terbuka, Sobat kemudian klik User Configuration ->  Administrative Templates ->  Windows Components ->  Windows Explorer.

4. Kemudian Sobat klik 2 x pada Do not move deleted files to the Recycle Bin.

Kemudian Sobat klik 2 x pada Do not move deleted files to Reclycle Bin.

5. Klik Enabled lalu klik Apply dan Ok.

Lalu Sobat klik Enabled -> Apply -> Ok.

Pengaturan ini berlaku pada semua file yang tersimpan di Windows Explorer.

Baca Juga : Cara Cek Spesifikasi Laptop atau Komputer Dengan Mudah

Dengan cara diatas Sobat cukup menghapus file 1 x dan tidak perlu repot-repot harus menghapus file di folder Recycle Bin lagi.  Selamat mencoba.

  • Bagikan

Respon (4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.