Cara Atasi Masalah Not Responding Saat Menjalankan Program

Posted on

Salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan laptop atau komputer adalah terjadinya program atau aplikasi yang Not Responding. Not Responding sendiri merupakan kondisi dimana laptop atau komputer kesulitan atau bahkan sama sekali tidak dapat menjalankan perintah pada sebuah program. Biasanya bila komputer atau laptop Sobat terjadi Not Responding saat menjalankan program maka akan nampak tulisan misal CorelDraw is Not Responding di pojok kiri atas layar monitor Sobat dan bila Sobat klik satu kali maka layar akan berubah menjadi putih kesamaran. Masalah ini bisa dibilang cukup mengganggu dan perlu diketahui bahwa masalah ini disebabkan oleh banyak hal, diantaranya sebagai berikut :

– Terlalu banyak program yang berjalan dalam waktu bersamaan (Multitasking).

– Banyak software atau aplikasi yang terinstal.

– Banyak program yang berjalan di latar belakang.

– Menjalankan program atau aplikasi yang telalu berat.

– Software atau aplikasi masih dalam bentuk BETA atau Trial (belum sempurna).

– RAM dan penyimpanan kurang.

– Laptop atau Komputer terkena virus.

Bila Sobat mengalami masalah Not Responding saat menjalankan program, Sobat bisa coba cara berikut untuk mengatasinya.

Baca Juga : Cara Agar Artikel Berada di Page One Terbaru 

1. Uninstall aplikasi atau Software.

Copot aplikasi yang tidak perlu atau bahkan aplikasi yang berat untuk membuat kinerja komputer Sobat lebih optimal. Untuk mencopot aplikasi atau software, Sobat klik logo Windows di pojok kiri bawah lalu klik Control Panel. Kemudian Sobat klik Uninstall Program. Dan sebaiknya ketahui terlebih dahulu spesifikasi laptop atau komputer Sobat sebelum menginstal software yang berat agar Sobat dapat mempertimbangkan terlebih dahulu.

2. Gunakan Software yang Asli.

Gunakan software yang asli atau perlu yang berbayar untuk menjamin kinerja software itu sendiri. Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa penggunaan software yang masih dalam bentuk BETA atau trial merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah Not Responding. Hal ini mungkin karena software tersebut masih dalam mode percobaan yang berarti belum sepenuhnya selesai.

3. Tambah RAM.

RAM juga merupakan salah satu komponen yang berpengaruh dalam hal kelancaran program. Oleh karena itu bila RAM Sobat luas maka program pun lancar saat dijalankan. Dan sebaliknya bila RAM Sobat sedikit atau pas-pasan maka untuk menjalankan program pun terkadang bermasalah (Lag,Blank, Not Responding). Apalagi bila Sobat menjalankan software atau program yang berat.

4. Perluas Memori.

Memori yang penuh juga merupakan salah satu penyebab program yang Not Responding. Oleh karena itu perluas memori Sobat dengan cara menghapus file-file yang tidak penting atau dengan membeli Hardisk Eksternal. Karena mengingat setiap menjalankan sebuah program maka sebagian penyimpanan digunakan untuk program tersebut. Dan kita sadari juga kian hari software sekarang makin besar ukurannya yang tentu juga membutuhkan penyimpanan yang lebih besar.

Baca Juga :Cara Publish Artikel Secara Otomatis di Blogger

5. Kurangi Program yang Berjalan di Latar Belakang.

Gunakan aplikasi secara bijak dan seperlunya saja. Jangan tumpuk aplikasi yang sudah tidak digunakan di latar belakang karena hal tersebut dapat membuat RAM Sobat penuh yang mengakibatkan program tidak dapat dijalankan dengan baik. Gunakan software Taks manager untuk menghentikan program yang berjalan di latar belakang.

6. Scan dan Hapus Virus.

Lakukan pemeriksaan virus pada Laptop atau komputer Sobat, karena virus merupakan salah satu penyebab laptop tidak dapat menjalankan program dengan baik. Gunakan anti virus untuk mengscan dan melindungi laptop Sobat. Lakukan pengecekan secara rutin agar keamanan dan kesehatan laptop Sobat terjamin.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan File di Laptop Tanpa Menggunakan Software

Dan itulah beberapa tips yang dapat Sobat coba untuk mengatasi laptop atau komputer yang Not Responding saat menjalankan program. Semoga dengan menggunakan cara diatas masalah laptop atau komputer Sobat yang Not Responding dapat teratasi. Selamat mencoba.  

17662 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *