Menu
Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Batre Hp Lama Full Saat Dicharge ? Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut

  • Bagikan
Sudah tidak dapat dipungkiri, penggunaan smartphone atau hp pada zaman sekarang sudah sangat melekat pada setiap manusia. Hal ini dikarenakan smartphone sudah menjadi alat bantu bekerja atau belajar serta sebagai sarana memenuhi kebutuhan akan hiburan. Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan smartphone serta waktu penggunaannya, tentu setiap vendor produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat smartphone baru yang mempunyai kapasitas batre besar agar penggunaannya dapat lebih lama.

Baca Juga : Cara Screenshot Full Halaman Sampai Kebawah di Android

Bila batre habis tentu langkah yang perlu kita lakukan adalah menchargenya. Namun terkadang terjadi masalah pada smartphone saat diisi ulang. Salah satu masalah yang sering terjadi saat mencharge hp adalah batre lama penuh atau full. Memang tidak seberapa masalah, namun yang menjadi masalah adalah durasi waktu yang dibutuhkan sampai batre hp full tidaklah normal. Dalam beberapa kasus, ada yang pernah mengalami saat charge hp dari jam 7 malam sampai 11 malam presentase batre baru menunjukan 47%, padahal untuk jangka waktu 4 jam seharusnya batre hp sudah full mengingat kapasitas batre hanya 3000 an Mah. Tentu hal ini sangat membuat jengkel terlebih lagi jika hp sedang dibutuhkan. Belum lagi berdampak pada kondisi hp itu sendiri. Nha Bagi Sobat yang mempunyai masalah batre lama full saat dicharge atau dicas, Sobat bisa simak penyebab dan cara mengatasinya berikut.

1. Charger Bermasalah.

Charger Bermasalah

Penyebab utama yang sering menjadi masalah batre hp lama full saat dicharge adalah terdapat kerusakan pada salah satu komponen charger. Diantaranya :

– Kabel USB terkelupas, bengkok atau rusak.
– Adaptor rusak.
– Kabel USB/Charger tidak ori.

Jika salah satu atau bahkan semua penyebab karena faktor komponen charger diatas terjadi pada charger Sobat, maka jelas pengisian batre Hp Sobat lama untuk full. Hal ini dikarenakan kondisi charger yang baik sangatlah penting untuk proses pengisian. Menggunakan charger yang tidak ori juga berbahaya lho Sob, jadi alangkah baiknya Sobat selalu gunakan charger yang asli.

2. Batre Hp Rusak.

Battery Hp Rusak

Apakah kondisi batre juga berpengaruh pada proses pengisian daya?

Jelas berpengaruh Sob, proses pengisian daya batre yang baik dan sehat juga ditentukan oleh kondisi batre itu sendiri. Dengan kondisi batre yang baik maka proses pengisian daya pun stabil dan tidak perlu memakan waktu lama. Sobat bisa cek kondisi batre dengan merasakan performa batre hp Sobat atau juga bisa melihat bentuk fisiknya apakah masih normal atau berubah.

3. Mencharge Hp Lewat Laptop.

Jangan Charger HP Lewat Laptop

Perlu Sobat ketahui, proses charging dari 0 sampai full jika Sobat mencharge lewat Laptop tidaklah sama dengan langsung di stop kontak. Oleh karena itu jika Sobat sering atau sedang mencharge hp lewat Laptop maka jangan heran jika batre Hp lama full. Hal ini dikarenakan daya yang dialirkan untuk mengisi daya batre jelas berbeda dengan langsung di stop kontak.

4. Charge Sambil Menggunakan Hp.

Charger Sambil Menggunakan Hp

Sudah menjadi problem yang klasik dari zaman dulu. Dari zaman hp masih bersistem operasi jadul sampai sekarang, penyebab ini sering menjadi masalah mengapa batre lama atau bahkan susah full selama dicas. Dengan perkembangan sistem operasi yang semakin baik seperti Android atau lainnya yang tentu mempermudah penggunaan hp, maka jelas pengguna enggan meninggalkan jarinya untuk tidak menggunakan hp. Banyak dari kalangan anak2, remaja bahkan bapak2 sekarang yang kecanduan main game tanpa henti. Jika batre hp habis maka akan langsung dicharge sambil melanjutkan game lagi. Tentu hal ini akan menghambat proses masuknya arus listrik ke hp.

5. Port USB Hp Rusak.

Port HP Rusak

Yang terakhir adalah port USB di hp terjadi kerusakan. Namun hal ini jarang menjadi penyebab batre lama full saat dicharge. Hal ini sendiri pernah terjadi pada hp saya dimana port untuk charge di hp terjadi kerusakan sehingga hp saya tidak dapat di charge. Oleh karena itu, mungkin hal ini menjadi salah satu penyebab masalah batre lama full saat dicharge.

Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Main Game di Emulator PPSSPP Terbaru

Untuk cara mengatasinya, Sobat bisa simak tips nya berikut.

1. Gunakan Charger yang Asli.

Gunakan Charger Ori

Pastikan Sobat menggunakan charger (Adaptor & Kabel USB) yang Ori karena bila Sobat gunakan charger lain mungkin terjadi ketidaksesuaian sehingga arus listrik yang masuk menjadi lama. Sobat perlu juga cek apakah kondisi charger mulai kabel sampai adaptor baik-baik saja. Jika terjadi kerusakan, Sobat bisa memperbaikinya atau beli yang baru saja. Tentunya yang ori ya Sob.

2. Ganti Batre Jika Rusak.

Ganti Battrey

Seperti yang saya jelaskan di atas tadi, jika kondisi batre sehat maka proses pengisian daya pun juga sehat. Oleh karena itu jika memang batre Sobat rusak seperti menggelembung, alangkah baiknya Sobat ganti dengan yang baru.

3. Gunakan Stop Kontak.

Gunakan Stop Kontak Listrik.

Jika Sobat mengisi batre hp lewat Laptop memang akan lama penuh karena arus listrik yang dialirkan kecil. Oleh karena itu gunakan stop kontak listrik secara langsung agar pengisian cepat penuh.

4. Jangan Gunakan Hp Selama Charging.

Jangan Gunakan Hp Selama Mencharger.

Menggunakan hp saat dicharge tentu menghambat proses pengisian daya. Hal ini dikarenakan arus listrik yang masuk ke batre langsung digunakan sehingga daya yang tersimpan hanya sedikit. Belum lagi jika Sobat sering menggunakan hp selama charging akan membuat batre ngedrop atau boros. Sudah dari dulu cara yang baik dan benar untuk charge hp ialah dengan tidak menggunakannya selama proses pengisian daya berlangsung, lebih baik lagi bila Sobat mematikan hp. Oleh karena itu sebaiknya Sobat tahan terlebih dahulu hasrat untuk menggunakan hp selama proses pengisian daya.

5. Ganti Port USB di Hp.

Ganti Port USB di Hp.

Sama seperti point ke 2, jika memang komponen ini rusak atau bermasalah alangkah baiknya Sobat perbaiki atau menggantinya. Karena jika komponen ini rusak kemungkinan bukan hanya proses pengisian daya yang lama saja yang terjadi, bisa saja hp tidak bisa dicharge sama sekali.

Baca Juga : Cara Mudah Simpan Foto atau Video di Story WhatsApp dan Instagram

Akhir kata demikian info tentang penyebab dan cara mengatasi masalah batre hp yang lama full saat dicharge. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.