5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Memformat HP

Posted on

Factory Reset atau yang juga disebut Reset Pabrik merupakan sebuah fitur/perintah yang berfungsi untuk menghapus semua data-data yang telah dibuat oleh si pemakai. Biasanya cara ini dilakukan bagi para pengguna yang merasa gadget/PC nya terkena virus yang sulit untuk diatasi, terjadi kerusakan atau crash pada device yang berlebihan atau juga sebagai cara untuk menghapus semua file dengan cepat.  Namun perlu diketahui , karena SEMUA FILE akan terhapus seperti yang saya jelaskan tadi, jadi Sobat harus hati-hati untuk tidak asal menggunakanya. Namun bagi Sobat yang pengen memformat device Sobat terutama HP, Sobat perlu melakukan hal-hal berikut sebelum memformatnya. Apa saja itu? Langsung simak berikut.

1. Pindah File Penting ke SD Card.

Sebelum Sobat memformat HP Sobat, perlu diketahui bahwa file yang akan hilang merupakan file yang tersimpan di memori internal. Jadi sebaiknnya Sobat pindah dulu file yang dirasa masih penting ke SD Card.

2. Backup Aplikasi.

Backup dulu aplikasi Sobat sebelum memformat HP. Sobat bisa memakai aplikasi Backup App di Playstore atau aplikasi sejenis lainnya. Kenapa harus di backup dulu?. Cara ini dilakukan agar nanti jika Sobat berhasil memformat HP , Sobat tidak perlu lagi untuk mendownload aplikasi yang Sobat sebelumnya pakai. Jadi Sobat tinggal memasang aplikasi yang telah dibackup tadi. Namun ingat, saat membackup, tentu Sobat harus menyimpannya  di SD Card. Karena jika tersimpan di Internal  ya akan hilang karena diformat. Btw, Kejadian ini sering terjadi Sob.

Baca Juga : Cara Terbaru Upload File Dan Folder ke Google Drive Dengan Mudah

3. Catet E-mail dan Akun Lainnya.

Setelah Sobat memformat HP, semua e-mail dan akun yang tersimpan juga akan hilang. Jadi alangkah baiknnya Sobat mecatet dulu email Sobat.

4. Backup Nomer/kontak.

Backup dulu nomer saudara, teman dan keluarga sebelum memformat Hp. Carannya pun mudah Sobat tinggal buka aplikasi kontak Sobat kemudian klik Opsi Ekspor ke SD Card. Cara ini lebih efektif daripada mencatet satu persatu. Untuk mengembalikan/menampilkan kontak yang sudah terekspore, Sobat tinggal klik Opsi Import dari SD Card.

5. Backup Percakapan/Chat Jika Perlu.

Jika Sobat punya percakapan penting dengan seseorang terutama tentang pekerjaan Sobat, tentu Sobat perlu untuk membackup chat percakapan terlebih dahulu. Untuk setiap aplikasi Sosmed mempunyai cara untuk membackup chat sendiri-sendiri Sob. Jadi, kalau memang penting ya..Sobat langsung backup saja. Jika semua sudah dilakukan, Sobat bisa langsung memformat HP Sobat. Dan sekadar saran, saat Sobat akan memformatnya, lebih baik mencopot segala kartu di HP Sobat untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan. Terimakasih sudah membaca dan Selamat mencoba.

1136 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *