Menu
Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

2 Cara Membuat File Berformat PDF Dengan Mudah

  • Bagikan

Logo Gambar

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa tentu tidak lepas dari yang namanya file dokumen seperti word, excel, power point dan lain-lain. Hal ini tidak mengherankan mengingat sekarang penggunaan bahkan pembuatan dokumen dengan format diatas sudah menjadi tugas sehari-hari bagi mahasiswa, pelajar SMA maupun pelajar SMP. Mengapa pengerjaan atau pembuatan dokumen diatas lebih sering dilakukan dari pada mengerjakan tugas secara manual atau tidak menggunakan komputer. Jika dilihat dari segi efisiensinya saja, dalam pengerjaan tugas menggunakan komputer lebih cepat dan mudah mengingat tidak perlu melakukan penulisan lagi yang dimana hal tersebut memakan banyak waktu sekaligus membutuhkan banyak buku. Namun dibalik itu, untuk membuat data  diatas diperlukan alat seperti komputer atau laptop tentunya atau juga smartphone yang sudah lama dapat digunakan untuk mengerjakan pembuatan data-data dengan format di atas. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan perkembangan teknologi dan semakin gencarnya globalisasi membuat cara atau kebiasaan dalam mengerjakan tugas berubah dari menulis menjadi mengetik.

Salah satu jenis format file yang jarang dibuat oleh banyak orang  adalah file PDF. Bedasarkan Wikipedia ,Portable Document Format atau PDF merupakan sebuah format data yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Data berformat PDF ini sendiri digunakan untuk mempresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vector dua dimensi. Bagi kaum mahasiswa atau pekerja kantoran tentu tidak asing lagi dengan namanya file PDF. Bahkan bagi para mahasiswa tentu sudah berkecimuk banyak dalam pengerjaan tugas mereka yang mengaharuskan data dokumen berformat PDF. Jadi bagaimanakah cara pembuatan file dokumen ini. Bagi Sobat yang belum tahu caranya, Sobat bisa simak tutorial mudahnya  berikut.
CARA MEMBUAT FILE PDF DI LAPTOP/PC
1. Pertama buat atau buka file di software pengolahan kata seperti Microsoft Word atau software sejenis lainnya. Cara termudah untuk menyimpannya menjadi format PDF adalah dengan mengganti format file menjadi PDF saat ingin disimpan. Caranya sebagai berikut.
2. Klik logo Save atau Simpan.
 Klik logo Save atau Simpan.
3. Kemudian saat diminta memilih tempat penyimpanan file, Sobat tinggal mengganti  jenis format dengan mengklik  Save As Type dan pilih PDF. Jika sudah klik Save.
Kemudian saat diminta memilih tempat penyimpanan file, Sobat tinggal mengganti  jenis format dengan mengklik  Save As Type dan pilih PDF. Jika sudah klik Save.
4. Setelah Sobat mengklik Save, maka seketika file yang Sobat tadi simpan sudah dalam bentuk PDF.
CARA KEDUA
Pada dasarnya cara kedua ini hampir sama seperti cara sebelumnya, hanya saja berbeda dalam step menyimpannya saja. 
1. Pertama, buat atau buka file terlebih dahulu seperti tadi. Kemudian klik File.
 Pertama, buat atau buka file terlebih dahulu seperti tadi. Kemudian klik File
2. Klik Save & Send lalu pilih Create PDF/XPS Document dan yang terakhir klik Create PDF/XPS.
3. Sobat tinggal pilih lokasi penyimpanan lalu klik Save.
Sobat tinggal pilih lokasi penyimpanan lalu klik Save.
CARA MEMBUAT FILE PDF DI ANDROID.
1. Tidak jauh berbeda dengan di Laptop/PC pembuatan file PDF di Android juga dimulai dengan membuat atau mengedit file terlebih dahulu dengan aplikasi pengolahan kata seperti WPS Office atau aplikasi sejenis lainnya.
2. Jika sudah, Sobat tinggal ekspor file menjadi PDF dengan  mengklik Alat lalu klik Ekspor ke PDF.
Jika sudah, Sobat tinggal ekspor file menjadi PDF dengan  mengklik Alat lalu klik Ekspor ke PDF.
3. Kemudian akan muncul pratinjau file terlebih dahulu sebelum diekspor menjadi PDF. Untuk melanjutkan Sobat tinggal klik Ekspor ke PDF.
Kemudian akan muncul pratinjau file terlebih dahulu sebelum diekspor menjadi PDF. Untuk melanjutkan Sobat tinggal klik Ekspor ke PDF.
4. Sobat pilih lokasi penyimpanan file nya terlebih dahulu, jika sudah klik Ekspor ke PDF.
 Sobat pilih lokasi penyimpanan file nya terlebih dahulu, jika sudah klik Ekspor ke PDF.
5. Sobat tinggal cari filenya setelah proses penyimpanan selesai.
Sobat tinggal cari filenya setelah proses penyimpanan selesai.
Catatan :
Perlu diketahui, setiap aplikasi mempunyai cara tersendiri untuk mengekspor file menjadi PDF. Jika Sobat menggunakan aplikasi sama seperti di atas yaitu WPS Office, maka Sobat cukup mengikuti caranya seperti gambar di atas. Jika aplikasi Sobat  berbeda, Sobat cukup melakukan cara yang hampir sama hanya tampilan dan tempat fitur menyimpan/mengekspor file nya saja Sobat cukup menyesuaikan.
Sedangkan bagi Sobat yang ingin mengubah atau mengkonvert file menjadi PDF di laptop atau komputer caranya pun sama seperti di atas bahkan lebih mudah. Yaitu Sobat cukup buka dan klik Save As lalu simpan file dalam bentuk PDF. Selamat mencoba Sob.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.